SHARE
Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Jatuh Cinta Bagi Kesehatan Tubuh – ┬áJatuh cinta adalah hal yang paling menyenangkan. Selain membuat terus tersenyum ternyata jatuh cinta punya banyak manfaat. Semakin sering merasakan perasaan cinta akan semakin baik bagi tubuh.
Dilansir dari berbagai sumber, jatuh cinta akan membuat tubuh bereaksi positif. Maka dengan jatuh cinta, energi positif akan keluar dari dalam tubuh dan membuat semakin sehat. Dan inilah 7 manfaat jatuh cinta bagi kesehatan yang dirangkum dari berbagai sumber :

Mengurangi depresi dan stress
Health and Human Services menyatakan bahwa cinta dan kasih sayang bisa mengurangi depresi baik bagi laki-laki maupun perempuan. Karena jatuh cinta memberi sinyal untuk meningkatkan hormon bahagia dalam tubuh. Studi lain juga menyatakan bahwa memandang foto pasangan mampu meningkatkan kadar hormon dopamin dalam otak. Hormon tersebut berkaitan dengan rasa optimis. Sehingga dapat mengurangi kadar stress.

Menurunkan tekanan darah
Penelitian dari Annals of Behavioral Medicine menyatakan rasa cinta dari pasangan kekasih, keluarga serta orang sekitar memberikan energy positif yang mampu menurunkan tekanan darah. Karena rasa nyaman yang diberikan dapat mengontrol tekanan darah.

Menghindari rasa cemas
Hasil penelitian dari State University of New York yang menggunakan MRI fungsional untuk melihat otak orang yang sedang jatuh cinta, menyatakan bahwa saat jatuh cinta otak mengatur tubuh untuk merasa tenang. Jatuh cinta mempunyai efek menenangkan rasa cemas yang kadang berlebihan.

Mengatasi rasa sakit dan menyembuhkan luka
Sebuah penelitian dari Amerika Serikat menyatakan bahwa jatuh cinta bisa mengatasi rasa sakit secara alami. Saat jatuh cinta dan merasakan kasih sayang ternyata secara otomatis dapat mengaktifkan bagian otak yang berfungsi mengontrol rasa sakit. Dan bahkan semakin besar perasaan cinta yang ada maka semakin besar pula efeknya.
Rasa sakit bisa berangsur-angsur hilang. Bahkan kekuatan dari jatuh cinta membuat luka cepat sembuh. Hal ini berdasarkan penelitian dari Ohio State University Medical Center yang dipublikasikan dalam Archives of General Psychiatry.

Meningkatkan sistem imun
Hasil penelitian dari Carnegie Mellon University menemukan bahwa perasaan cinta bisa membangun emosi positif yang memberikan dorongan terhadap sistem kekebalan tubuh sehingga orang lebih jarang sakit. Efek sosial yang ditimbulkan dari jatuh cinta membuat sesorang rajin merawat kesehatan dan kebersihan tubuhnya sehingga terhindar dari penyakit.

Menurunkan berat badan
Ada lagi efek jatuh yang sangat berguna bagi wanita. Yap agar tidak susah-susah menjalani program diet, untuk menurunkan berat badan jatuh cinta saja. Karena saat jatuh cinta, tubuh akan memproduksi norepinephrine secara terus-menerus. Senyawa membuat tidak nafsu untuk makan. Jadi jatuh cinta dapat mengontrol nafsu makan yang berlebihan.

Mencegah penuaan dini
Tersenyum dan banyak tertawa saat jatuh cinta bukan hanya membuat kerutan wajah bisa berkurang dan membuat cerah alami. Saat sedang jatuh cinta ternyata tubuh menghasilkan oxytocin. Zat ini dibutuhkan untuk melepaskan DHEA, hormon yang bertugas sebagai anti-penuaan dan meningkatkan peremajaan kulit serta sel-sel tubuh.

Wah, banyak sekali manfaat jatuh cinta! Jadi, tak ada salahnya merasakan perasaan jatuh cinta setiap hari terhadap pasangan ataupun orang sekitar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here